Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 05 Desember 2012

Cara Merawat Rambut Berketombe

Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang sering dialami seseorang. Masalah ketombe memang sangat mengganggu penampilan, apalagi bagi Anda yang suka mengenakan baju berwarna hitam. Hem.. bisa dibayangkan bagaimana malunya jika banyak ketombe yang rontok di baju Anda. Ketombe sendiri merupakan lapisan kulit kepala yang mati dan mengering secara alami. Sebenarnya, semua orang mengalami pergantian lapisan kulit kepala, namun khusus bagi mereka yang mengalami masalah ketombe, proses pergantian kulit ini akan terjadi lebih cepat dari normalnya.
Beberapa faktor yang memicu munculnya ketombe, diantaranya adalah kebersihan kulit kepala yang tidak terjaga, produksi minyak berlebih, adanya ketidakseimbangan hormon, penggunaan produk untuk rambut yang salah, dan lain-lain. Masalah ketombe tidak bisa dibiarkan begitu saja karena dapat berakibat fatal pada penampilan Anda, diantaranya adalah menyebabkan rambut rontok, rusak, gatal, dan lain-lain. Untuk menghindari masalah ketombe ini tentunya Anda harus memahami cara merawat rambut berketombe.
Cara merawat rambut berketombe ini bisa dilakukan dengan menggunakan dua metode, yakni perawatan modern dan perawatan alami. Untuk perawatan modern misalnya dengan cara creambath dan hair spa secara rutin minimal dua minggu sekali. Sedangkan perawatan secara alami biasanya menggunakan bahan-bahan alami sebagai berikut ini :
  • Jeruk nipis. Caranya dengan memerasnya, lalu diusapkan secara merata di kulit kepala, diamkan sebentar, lalu bilas hingga bersih. Lakukan berkali-kali hingga ketombe hilang.
  • Garam. Dengan cara menaburkan garam ke kulit kepala Anda dan gosok perlahan. Lalu bilaslah hingga bersih dan bersihkan dengan shampoo.
  • Cuka putih. Dengan cara mencampurnya dengan air kemudian gunakan pada bilasan terakhir setelah keramas. Biarkan sebentar, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan berkali-kali hingga ketombe benar-benar menjauh dari rambut Anda.
Banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan rambut berketombe. Namun agar Anda sukses menerapkan cara merawat rambut berketombe, maka Anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini :
  • Hindari menggunakan topi atau penutup kepala di saat rambut dalam kondisi basah
  • Hindari menggunakan shampo anti ketombe secara terus menerus, artinya Anda harus segera mengganti shampo biasa jika sudah sembuh dari masalah ketombe.
  • Lakukan pijatan lembut pada kulit kepala saat keramas.
Demikian tips yang bisa Anda terapkan untuk masalah ketombe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar